BALI DAN KEUNIKANNYA SELAYANG PANDANG.

Kumpulan-kumpulan tulisan Dharma Wacana oleh Singgih Ida Pedanda Gede Made Gunung
Post Reply
User avatar
Ida Pedanda Gunung
Posts: 2508
Joined: Wed Jan 09, 2013 3:44 pm

BALI DAN KEUNIKANNYA SELAYANG PANDANG.

Post by Ida Pedanda Gunung » Mon Dec 30, 2013 8:07 am

OM SWASTIASTU, OM AWIGNAMASTU NAMOSIDAH.

Semakin hari semakin banyak yang bertanya di ruang ini, setelah disimpulkan dari semua pertanyaan yang telah lalu, disamping semakin hari Bali semakin banyak dikunjungi sebagai objek wisata, dan tidak terlepas pula Bali semakin banyak mendapat cobaan dan godaan, serta tidak dipungkiri pula Bali sering mendapat kritik, maka terpanggil keinginan saya untuk menulis dan mengambil judul; " BALI DAN KEUNIKANNYA SELAYANG PANDANG ". Dengan harapan kita memiliki sepintas pengetahuan tentang Bali, selanjutnya kita semakin mencintai Bali.

Saya sadar bahwa diri saya belum tau Bali secara menyeluruh, namun tidak ada salahnya saya menulis disini sebagai sarana bertukar pikiran dan bertukar pandangan dengan teman-teman dan saudara yang seide dengan saya.

1. BALI DALAM GAMBARAN UMUM.

Bali adalah salah satu pulau yang sangat diminati oleh para wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan manca negara. Sehingga Bali seolah - olah sudah seperti kampung internasional. Oleh karena itu Bali tidak pernah sepi, kecuali hari NYEPI. Bila demikian keadaan Bali maka sudah pasti akan terjadi pergeseran-pergeseran di segala asfek, baik bergeser kearah positif maupun bergeser ke arah negatif, semuanya itu akan mungkin terjadi. Disinilah perlunya ada pemahaman tentang Bali yang mana pemahaman tersebut dapat menjadi daya tahan untuk tetap utuhnya Bali dalam arti yang luas, sehimgga anak cucu kita dikemudian hari dapat pula menikmati Bali yang bersinar. Bukan saja orang Bali yang harus memahami Bali, namun semua pihak harus memahami Bali, terutama dari pihak PEMERINTAH, yang memegang kebijakan yuridis formal.

Melalui media ini dan melalui tulisan ini saya mengajak semua pihak untuk mulai memahami Bali, mencintai Bali, mengayomi Bali, melindungi Bali, dan memelihara Bali. Agar Bali tidak lenyap di masa kita hidup (digenerasi kita), alangkah ruginya leluhur kita yang kita agung-agungkan setiap hari memilki generasi yang tidak mampu melestarikan warisannya. Bagaimana tangisnya keturunan kita nanti yang mungkin hanya dapat menikmati Bali hanya dalam cerita dan gambar belaka.

1.2. PULAU BALI.

(bersambung)

catatan; saya mohon pendapat para pembaca, apa tulisan ini perlu saya lanjutkan? Kalau anda bilang perlu, saya akan menulisnya secara bersambung, sesuai dengan kemampuan yang saya miliki.

User avatar
Krama Facebook
Posts: 1037
Joined: Thu Sep 05, 2013 9:52 am

Re: BALI DAN KEUNIKANNYA SELAYANG PANDANG.

Post by Krama Facebook » Mon Dec 30, 2013 5:20 pm

(Kumpulan komentar-komentar)

Lanjutkan Ratu Perande...

Lanturang durus Ratu Peranda, akeh para janane minab tan weruh rikewentenan Baline, wenten sane kukuh mangda Bali ajeg akeh taler sane mekinkinan nguwug wewangunan gumi Baline, suksma .

Becik Ratu lanjutkan......

d lanjut aj ratu,untuk kbaikan dan pngetahuan qt,apalg buat tityang yng lahir dan tnggl d lombok,,dan saya mhon pencerahan2 hindu nya

Om swastyastu
Mohon dilanjutkan, sangat bermanfaat ini meski sy bukan orang Bali. Suksme..

saya sendiri setuju dengan hal tersebut, dimana budaya bali semakin tidak di hormati oleh nyama braya kita sendiri. saya sebagai orang merasa bberkewajiban untuk menjaga bali sebagai generasi bali. oleh karena itu mohon di lanjutkan tulisannya... semoga bali akan Ajeg Selalu.

Om Swastiastu...,ngiring lanturang Ratu Peranda.titiyang jantos kelanjutan nyane.

Antara Dilanjutkan saja.topiknya sangat bagus apalagi spt saya yg perantauan tinggal dijakarta.terima kasih

nggih ratu peranda, lanturang sampun nike.

Mohon ijin untuk share Ratu. Suksme

Om swastiastu, ampure niki tiang jadme belog matur kapining ratu. tiang sangat prihatin nyingakin baline mangkin, pasih meurug, bhisama nenten malih wenten ane nolih, ane negak di duur nenten inget ane dibeten. napi asal sampun wenten jinah kasembah. kekacauan secara tata ruang sekala lan niskala sangat kacau tiang cingak mangkin ring bali. yen nenten wenten ane nyetop. niki sangat berbahaya untuk bali tanah kelahiran titiang. om shanti.

Durus lanturang ratu surya n titiang taler icen pencerahan sareng eksekutip mandene sampunang sekadi celeng punyah wawu ngeninin komisi sakeng impestor

Lanjutkan nike...!

tlong dlnjutkan sluas mugkin agar tiang bsa bljar arti pntignya bali..khususnya budaya agama hindu dibali agar tetap terjaga..suksma atas pncerhannya..

Lanjuuuuuuuuuuuuuuuuuuut ajeg bali......

Seperti kata gubernur bali kita " LANJUTKAN"

Durus lanturang..

suksme ratu anak lingsir dados sampun keketus malih tiang ring sulawesi jagi nyanggre pengetahuan bali apang bersinar sekadi wecanan anak lingsir ! yen kapo dados bali nike bersinar ke samian jagat apang tiang uning napi keunikan bali nike pang ten sekedar wacana tiang nyanggre ...! suksme .....

Ngiring durus lanturan Ratu Pranda

SwstyastU muali ratu pendanda'' tyang nunas maliH lanjutannyane ida ratu pendanda, tyang ngatUr suKsme

Ngiring durus ratu prande

Lanjut Ratu Peranda,,

Becikang Bali Bagus Truna Bajang Jegeg Cenik Tua makejang ngerastitiang mangda rahayu, Nusa Dewata dadi sunaran jagad sareng sami praside ngajegang gumi Bali.. #Manik. Mohon dilanjutkan pencerahannya, Ratu Peranda. Semoga kebaikan datang dari segala penjuru.

Ainggih Durus Lanturang Malih Ratu Pranda !! Suksema !!

Namaste Ratu perlu

Lanjutkan ratu skadi slogan SBY

Iya saya ingin mendengarnya , trimakasih

Om Swastiastu...lanjutkan Ratu Perande....

lanjutkan ratu peranda

Ida Ratu Pedanda Sane Wangiang Tityang , ngiring lanturang wacanan Ida , tityang nyantos kelanjutan nyane. Suksma Ratu Pedanda.

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest