BALI DAN KEUNIKANNYA SELAYANG PANDANG. (LANJUTAN 1.)

Kumpulan-kumpulan tulisan Dharma Wacana oleh Singgih Ida Pedanda Gede Made Gunung
Post Reply
User avatar
Ida Pedanda Gunung
Posts: 2508
Joined: Wed Jan 09, 2013 3:44 pm

BALI DAN KEUNIKANNYA SELAYANG PANDANG. (LANJUTAN 1.)

Post by Ida Pedanda Gunung » Tue Dec 31, 2013 7:25 am

1.2. PULAU BALI.

Menguraikan tentang keberadaan pulau Bali secara teritorial tidak akan dijelaskan secara detail, sebab sebagian besar kita sudah dapat membayangkannya. Seperti kita sudah ketahui bersama bahwa negara Indonesia yang kita cintai ini terdiri dari beribu-ribu pulau kecil dan besar, berderet dari Kota Sabang sampai ke kota Merauke. Ada segugus deretan pulau-pulau yang disebut Nusatenggara, pulau yang paling barat dari kepulauan Nusatenggara ITULAH PULAU BALI YANG KITA CINTAI DAN KITA AKAN CERITAKAN BERSAMA.

Pulau Bali diapait oleh dua pulau yaitu disebelah baratnya pulau Jawa, dan disebelah Timurnya pulau lombok, desela oleh selat Bali dan selat Lombok. Pulau yang kecil ini banyak menyimpan keunikan yang mungkin di tempat lain jarang ditemui, seperti pulau sekecil ini memiliki tiga cuaca; cuaca panas (di Kubu Karangasem dan di Bukit Jimbaran), cuaca dingin (di Kintamani dan Bedugul). Selain tempat tadi cuacanya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jadi si kecil punya tiga cuaca.

Yang tidak kalah uniknya lagi pulau Bali punya tiga gunung berapi; Gung Agung (aktif), Gunung Batur (masih aktif), dan Gunung Batukaru (tidak aftif) dan memiliki danau besar-besar kalau tidak salah 4 danau; danau batur, danau buyan, danau tamblingan, dan danau bratan.

Pulau Bali dibelah menjadi dua dataran oleh barisan bukit dan gunung, yaitu; di bagian Utara, dan bagian selatan. Ada satu keunikan antara dua daerah dataran ini yaitu; mata anginnya bila di daerah Buleleng Kaja itu Selatan, dan Kelod itu Utara, namun di bagian selatan, Kaja itu Utara, dan Kelod itu Selatan. Kenapa bisa begitu? Untuk mejawabnya perlu adanya penelitian. Dengan penataan yang amat apik dari para leluhur orang Bali di jaman dahulu, maka alam Bali kelihatan sangat indah dan menarik serta berjiwa.

Satu hal perlu saya tulis disini adalah pengalaman pribadi saya yang ada kaitannya dengan Bali yaitu; Setiap saya keluar pulau Bali, apakah itu menggunakan mobil, pesawat, nanti sekembalinya saya dari luar begitu kendaraan saya memasuki pulau Bali perasaan saya seketika berubah menjadi sangat bahagia, sebab pulau Bali seakan-akan menyambut saya denga ucapan Om Swastiastu. Pantes pulau Bali disebut dengan istilah pulau BAWAMAURIP (BERENERGI DAN HIDUP). Terutama kalau kita melihat dari udara kelihatan hamparan sawah-sawah layaknya seperti tangga-tangga menuju ke sorga.

Tetapi jangan lupa pulau Bali adalah pulau yang sangat miskin dengan barang (hasil) tambang, sehingga kita tidak mengenal batubara, mas, nekel, gas, minyak bumi dll. dari hasil tambang di Bali. Walupun demikian ada satu pertanyaan; Kenapa Bali sangat diminati, dan memiliki daya tarik tersendiri?

Penduduk Bali mayoritas memeluk agama Hindu dari jaman dahulu sampai sekarang, keunikannya adalah di Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam, namun bali yang kecil itu tetep memeluk agama leluhurnya dari jaman ke jaman sampai kini. Walupun runtuhnya kerajaan Mojopahit yang nota bena kerajaan Hindu terbesar di Nusantara, namun orang-orang Bali tetep setia memeluk agama leluhurnya.

Demikianlah sekilas tentang Pulau Bali yang saya dapat kemukakan disini, mungkin masih banyak yang belum terjangkau disini, itu adalah tugas saudara untuk selanjutnya.

1.3. BEBERAPA TOKOH PENTING YANG BERJASA MENATA PULAU BALI.

(bersambung).

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests