BALI DAN KEUNIKANNYA SELAYANG PANDANG. (LANJUTAN 2 1.)

Kumpulan-kumpulan tulisan Dharma Wacana oleh Singgih Ida Pedanda Gede Made Gunung
Post Reply
User avatar
Ida Pedanda Gunung
Posts: 2508
Joined: Wed Jan 09, 2013 3:44 pm

BALI DAN KEUNIKANNYA SELAYANG PANDANG. (LANJUTAN 2 1.)

Post by Ida Pedanda Gunung » Thu Jan 02, 2014 7:49 am

BALI DAN KEUNIKANNYA SELAYANG PANDANG. (LANJUTAN 2.)

1.3. BEBERAPA TOKOH PENTING YANG MEMBANGUN BALI

Berbicara tentang tokoh disini yang dimaksud adalah tokoh spritual, tokoh agama, tokoh rokhaniawan, yang memiliki andil membangun atau menata Bali sehingga menjadi pulau yang tertata rapi. Sebenarnya banyak sekali tokoh seperti tersebut di atas yang mempunyai andil dari jaman dahulu, namun disini akan saya tulis tiga tokoh saja, sebab tiga tokoh inilah yang paling menonjol perannya menurut pandangan saya sendiri. Kalau pembaca nanti mengetahui ada tokoh penting lagi selain ini, nanti pada kesempatan yang alin kita bicarakan.

Adapun tokoh-tokoh tersebut adalah;

I.Ida Rsi Markendya.
Beliau adalah seorang tokoh Hindu beraliran Siwa, menurut cerita orang Beliu berasal dari India Selatan. Waktu saya datang ke sana, saya coba berkonsultasi dengan teman saya di sana tentang Beliau, ternyata nama Rsi Markendia juga sangat di kenal disana berasal dari sana, namun sebutannya Rsi Markende, sebab masyarakat India didalam menyebutkan suku kata vokal terakhir biasanya tidak disebutkan ( India disebut Indi, Utara Pradesa disebut Utar Prades).

Beliau inilah yang datang ke bali menata Bali dengan menanam Panca Datu di Pura Besakih ( Pura terbesar di Bali), dan Beliau pula menata sistim kemasyarakatan yang sekarang ada kita warisi berupa banjar, desa pakraman, (baca buku perjalanan Beliau).
Jadi Ida Rsi Markendya merupakan tokoh yang sangat penting kita harus ketahui dan kita sucikan serta kita hormati. Peninggalan Beliau sekarang banyak ada di Bali salah satunya adalah; Pura Gunung Lebah di Campuhan Ubud Gianyar, Pura Gunung Raung di Desa Taro, Payangan, Gianyar. sistem subak, banyak lagi jasa-jasa Beliau di Bali yang ada kaitannya dengan pembangunan fisik dan pembangunan moral.

II. Ida Mpu Kuturan.
Setelah Ida Rsi Markendya Moksah, maka selanjutnya sejalan dengan perjalanan sejarah, maka datanglah Ida Mpu Kururan ke Bali. Kedatangan Beliau ke Bali melanjutkan dan memperkaya konsep yang telah di bangun sebelumnya oleh tokoh terdahulu (Ida Rsi Markendya), misalnya kedatangan Mpu Kuturan ke Bali menambah konsep Merajan (Rong Tiga/kemulan), adanya pura kahyangan tiga di setiap desa adat. Dan menambah dengan konsep pelinggih berupa meru. Banyak lagi. Yang paling penting adalah jasa Beliau Mpu Kuturan menyatukan sekta-sekta yang ada di bali menjadi satu kesatuan berupa Agama di Bali yang kita warisi sampai sekarang. Peninggal itu ada berupa pura besar yaitu Pura Samuan Tiga, di Desa bedulu,Kecamatan Balahbatuh, Gianyar. Demikian saya tulis secara singkat perjalanan Beliau.

III. Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh.
Beliau juga sangat terkenal dengan panggilan Ida Dang Hyang Dwijendra. (mengenai Tokoh ini akan saya tulis selanjutnya, karena ini adalah tokoh terakhir yang datang ke Bali yang ikut memberi andil dibidang pembangunan Bali).

(bersambung).

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest