Tahun Baru Caka, Perenungan Buat Jaga Alam Bali

Kumpulan-kumpulan Dharma Wacana Ida Pedanda Gede Made Gunung dalam bentuk Video / Audio / Foto dan artikel-artikel media tulis tentang Ratu Peranda dari berbagai sumber media.
Post Reply
User avatar
Admin
Admin
Posts: 213
Joined: Mon Jan 07, 2013 4:28 pm
Location: Bali

Tahun Baru Caka, Perenungan Buat Jaga Alam Bali

Post by Admin » Sun Apr 26, 2015 8:28 am

pedanda.jpg
pedanda.jpg (101.75 KiB) Viewed 6725 times
GIANYAR, BALIPOST.com-Perayaan hari raya Nyepi yang juga sebagai pergantian tahun caka, hendaknya dilakukan perenungan bagi semua pihak, baik pemerintah, pengusaha, dan masyarakat untuk menyelamatkan Bali dari kehancuran. Konsep nyegara gunung yang telah ada di Bali, terutama bagi umat Hindu agar benar-benar dihayati sehingga keberadaannya tidak rusak.

Tokoh Spritual Bali, Ida Pedanda Gede Made Gunung mengajak semua pihak untuk kembali berpikir jernih dan merenungkan apa yang selama ini telah diperbuat. Salah satu rangkaian Nyepi, yakni melasti yang merupakan konsep Siwa dan Parwati sebagai lingga dan yoni, di mana yoni yang dimaksud adalah ibu pertiwi, sehingga sangat perlu dijaga jangan dirusak. Bagaimanapun ibu sangat berjasa pada kita, terlepas juga bapak (lingga). Di Bali, melasti atau melis juga merupakan salah satu cara dalam melestarikan alam.
Berbagai program pembangunan yang lebih banyak berdampak pada perusakan alam kiranya segera dilakukan evaluasi, jangan memaksakan kehendak, terlebih hanya membela kepentingan investor. Keselamatan alam Bali dari kehancuran pada generasi mendatang perlu dipikirkan. “Walaupun UU dan Pemerintah tidak aspiratif, tentunya masyarakat Bali untuk penyelamatan Bali harus berani berbuat,” kata Ida Pedanda.

Salah satu perjuangan dalam menyelamatkan alam Bali saat ini berupa penolakan rencana reklamasi berkedok revitalisasi jelas lebih banyak merugikan. Kondisi pantai selatan Bali yang biasanya dijadikan tempat melasti, pascareklamasi Pulau Serangan dampaknya telah dirasakan oleh warga pesisir. Reklamasi secara besar-besaran sangat merugikan Bali, terlebih dengan konsep nyegara-gunung.”Momentum Nyepi dan pergantian tahun caka ini merupakan hal yang baik untuk tetap berbuat melestarikan pantai dan alam bali pada umumnya,” tegas Ida Pedanda.

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest