Ajak Siswa Tawuran di Pelajaran, Hormati Catur Guru

Kumpulan-kumpulan Dharma Wacana Ida Pedanda Gede Made Gunung dalam bentuk Video / Audio / Foto dan artikel-artikel media tulis tentang Ratu Peranda dari berbagai sumber media.
Post Reply
User avatar
Admin
Admin
Posts: 213
Joined: Mon Jan 07, 2013 4:28 pm
Location: Bali

Ajak Siswa Tawuran di Pelajaran, Hormati Catur Guru

Post by Admin » Mon Apr 15, 2013 3:01 pm

MOS di SMP PGRI 3 Denpasar sedikit berbeda dengan sekolah lainnya. Selain diisi dengan program pengenalan lingkungan, sekolah juga menghadirkan pedharma wecana terkenal Ida Pendanda Gede Made Gunung, Selasa (17/7) kemarin.

Acara ini bukan saja diikuti siswa kelas I (siswa baru - red), tetapi juga siswa kelas II dan siswa kelas III. Di acara itu, Ida Pedanda Gede Made Gunung memberikan dharma wecana tentang peran siswa dan guru di sekolah. Siswa diajak untuk jangan tawuran alias berkelahi di jalan raya dan mengganggu ketertiban umum. Makanya dia mengajak lebih baik siswa tawuran di bidang mata pelejaran, saling berlomba meningkatkan kualitas diri.

Di samping itu, Ida Pedanda menekankan pentingnya menghormati Catur Guru yakni orangtua di rumah, guru di sekolah, pemerintah dan Tuhan. Jika sampai siswa tak menghormati guru, itu berarti menjadi anak durhaka. Buatlah guru di sekolah dan guru rupaka di rumah tenteram dengan perbuatan yang baik. Jadikanlah sekolah ini sebagai surga di bumi, bukan sebaliknya menjadi penghuni neraka di bumi ini. Makanya dia menyarankan MOS bisa mengundang para rohaniwan agar tak memunculkan fanastisme sempit.

Ceramah ini, menurut Kepala SMP PGRI 3 Denpasar Drs. I Made Suada, M.M., M.Si., sangat pas dengan tema MOS dalam meningkatkan keyakinan terhadap Tuhan untuk mengantisipasi terjadinya degradasi moral. Acara ini diharapkan bisa meningkatkan mental siswa.

Dia bersyukur siswa barunya naik dari lima kelas menjadi delapan kelas. Sebanyak 421 siswa mengikuti MOS sejak Senin lalu. Yang menarik semua siswanya bisa masuk pagi. Made Suada mengatakan MOS di sekolahnya untuk menanamkan disiplin dan menumbuhkan prestasi. Bahkan, siswanya meraih juara II PKB membuat satuh se-Bali. Untuk itu, dia mengatakan PPDB online perlu ditegakkan secara benar agar kebijakan pemerintah untuk melindungi semua rakyat, karena pemimpin lahir dari dukungan rakyat.

Ketua PPLP Dasmen PGRI Kota Denpasar Drs. I Made Dasna Astadi, MAP. sangat kagum atas jiwa besar sang kasek dan agenda MOS bernuansa spiritual. Bahkan, dia mengatakan satu-satunya sekolah yang mampu menghadirkan Ida Pedanda Gede Made Gunung untuk menekan degradasi moral siswa.

Materi spiritual ini, dinilai mantan Kadisdik Denpasar ini, sangat menarik karena dibawakan tokoh agama Ida Pedanda Gede Made Gunung, sehingga mudah dicerna siswa dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Panitia MOS Tjok. Istri Putri, S.Pd. menambahkan, materi MOS di SMP PGRI 3 Denpasar selain melibatkan OSIS juga komite. Materinya menyangkut upacara bendera, tata krama dan berbangsa dan bernegara. PSN di tiap rumah dan lingkungan sekolah, baksos di Jl. Gunung Agung hingga Lapangan Komyang Sujana. Selain itu diisi sembahyang bersama dan dharma wacana.

(Sumber: Bali Post)

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: e.karpovych1982 and 1 guest