Otonan

Dharma Tula ini merupakan arsip diskusi, rembug atau temu wicara tentang ajaran Agama Hindu dengan Singgih Ida Pedanda Gede Made Gunung.
Post Reply
User avatar
Krama Facebook
Posts: 1037
Joined: Thu Sep 05, 2013 9:52 am

Otonan

Post by Krama Facebook » Fri Feb 19, 2016 12:36 pm

Om Swastiastu,,,ratu,maaf sya menggunakan bhs Indonesia karna tyang tdak terlalu fasih menggunakan bahasa Bali halus,pertanyaan tyang,tentang otonan,apakah setiap otonan yg jatuh bertepatan dengan rahinan purnama harus dibikin min dengan maaf banten asibak dan boleh tanpa menggunakan guling,,seandainya bila seseorang itu tidak ada byaya sebaiknya bagaimana ratu,apakah bsa ada cara yg lain untuk meminimkan byaya,,apa boleh hanya dibuatkan sambutan,,karna kebetulan yg bersangkutan blom tanggal gigina,saya tidak ingin sampai terjadi 'pemaksaan' yg bkin tidak iklas melaksanakanna ratu,sya tdak ingin sampai terjadi hutang sefala mohon pencerahanna nike ratu,,suksma antuk galah nik Om Canti Canti Canti Om

User avatar
Ida Pedanda Gunung
Posts: 2508
Joined: Wed Jan 09, 2013 3:44 pm

Re: Otonan

Post by Ida Pedanda Gunung » Mon Feb 29, 2016 6:40 am

Om Swastiastu,
Saya sudah sering dan berkali-kali menulis dan menjelaskan dlm Dharma Wacana, bahwa upacara itu jangan terpaksa membuatnya. ada 4 keriteria berupacara; 1. KEINGINAN, 2. KEMAMPUAN. 3. SIKON. 4. SASTRA. MENGENAI ATON DIPURNAMA HARUS DIBUATKAN BANTEN LEBIH BESAR, ITU SAYA BELUM TEMUI DI DALAM SASTRA. Suksma.

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests