Perayaan Ulang Tahun ke 8 Pasraman Yogadhiparamaguhya

Forum ini merupakan arsip para-pengurus Pasraman, Sisya dan masyarakat umum yang pernah ikuti kegiatan di Pasraman Yogadhiparamaguhya.
Post Reply
User avatar
Admin
Admin
Posts: 213
Joined: Mon Jan 07, 2013 4:28 pm
Location: Bali

Perayaan Ulang Tahun ke 8 Pasraman Yogadhiparamaguhya

Post by Admin » Thu Jan 10, 2013 7:01 pm

wayan_anak.jpg
wayan_anak.jpg (91.34 KiB) Viewed 5006 times
Perayaan ulang tahun ke 8 Pasraman Yogadhiparamaguhya dilangsungkan dengan sederhana dan bersahaja di Pasraman yang berlokasi di Banjar Tengah Blahbatuh Gianyar tersebut. Kendatipun hujan deras mengguyur sedari siang, tidak menyurutkan semangat ratusan sisya yang datang untuk merayakan ulang tahun pasraman. Rangkaian kegiatan ulang tahun pasraman sudah diawali dengan acara Dharma Yatra ke Pura Penataran Padang Bai yang dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 24 Desember lalu yang di ikuti oleh para sisya pasraman. Perayaan ulang tahun kali ini mengambil tema "Meningkatkan Keyakinan Melalui Pelaksanaan Bhakti Cinta dan Kasih untuk Mewujudkan Kedamaian di Alam Ini".

Acara diawali dengan sambutan dari ketua yayasan Pasraman Yogadhiparamaguhya serta pemotongan tumpeng oleh seluruh pengurus dan juga para kader. Dalam Dharma Wacananya, Ida Pedanda Gede Made Gunung selaku pendiri dan Guru Nabe mengajak para sisya dan seluruh umat untuk lebih meningkatkan Bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi, Tresna kepada sesama dan Asih kepada Alam Lingkungan. Jika bercermin dari kondisi di jaman sekarang ini dimana kerusakan telah terjadi di segala sisi, maka beliau memandang bahwa tahun 2012 ini adalah tahun yang penuh dengan tantangan dan bahaya. Menurut pengamatan beliau, tahun 2012 jika dijumlahkan berjumlah 5, yang mana angka 5 adalah angka yang dalam theologi hindu mempunyai makna yang penting. Angka 5 dalam pengamatan beliau mengambarkan Panca Dewata sekaligus Panca Bhuta yang sama sama kuat. Dari sisi historis, tahung 2012 juga mengingatkan kita akan berakhirnya masa pengasingan Panca Pandawa selama 12 tahun di hutan sekaligus sebagai awal dari Bharata Yuda. Artinya secara historis tersirat bahwa tahun dengan akhiran 12 ini menunjukan akan adanya suatu kekuatan yang sama besar antara kebaikan dan kejahatan serta adanya sutau pertarungan yang dasyat antara sisi baik dan buruk baik itu di luar maupun di dalam diri.
Namun beliau mengajak kita untuk selalu optimis, karena apapun bisa dirubah asalkan kita punya kemauan yang kuat dan ketekunan. Mengutip pernyataan Mahatma Gandhi “Jika engkau ingin merubah dunia, maka mulailah dengan merubah dirimu dahulu”. Mulailah dengan menigkatkan kualitas spiritual dengan selalu menggali ke dalam. Beliau berpesan “Mulailah bercermin dan melihat pada diri kita sendiri, jangan gampang menyalahkan orang lain, karena sesungguhnya salah, benar, baik buruk, marah, benci dan segala bentuk aksi dan reaksi bersumber dari dalam diri kita sendiri”

Acara ulang tahun kali ini di tutup dengan pementasan wayang kulit yang dibawakan dengan apik dan memukau oleh seka wayang anak – anak dari Banjar Tegal Linggah Bedulu Gianyar.

Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest